MARKETING MIX / BAURAN PEMASARAN 5P DAN 7P



Marketing mix atau yang dalam bahasa Indonesia disebut bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan, promosi serta penentuan harga yang bersifat unik dan dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.

pengertian bauran pemasaran atau marketing mix menurut para ahli. 

·         Menurut Buchari Alma, Marketing mix adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan (2007:130)
·         Menurut Zeithaml dan Bitner Marketing mix adalah elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan tamu dan untuk memuaskan tamu (2008:48).
·         Marketing mix is good marketing tool is a set of products, pricing, promotion, distribution, combined to produce the desired response of the target market – Bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik yang meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran (Kotler dan Amstrong, 2012:92)
Dalam bauran pemasaran dibagi 2 konsep, yaitu :
1.      Bauran pemasaran 5P
2.      Bauran pemasaran 7P

BAURAN PEMASARAN 5P

Bauran pemasaran 5P adalah seperangkat taktik pemasaran yang diakui, yang dapat Anda gunakan dalam setiap kombinasi untuk memuaskan pelanggan di pasar sasaran Anda. 5P dapat diawasi dan diatur, tetapi dengan lingkunganpemasaran internal dan eksternal Anda. 



A.    Product (Produk)
Produk mengarah pada apa yang Anda jual, termasuk semua fitur, keuntungan dan manfaat yang konsumen anda dapat menikmati dari membeli barang atau jasa. Pada
saat pemasaran produk Anda, Anda harus berpikirtentang fitur utama dan manfaat pelanggan Anda inginkan atau butuhkan, termasuk (namun tidak terbatas pada) styling, kualitas, perbaikan, dan aksesoris. 

B.     Price (Harga )
Strategi dalam menentukan harga untuk produk dan jasa Anda dapat mempengaruhi konsumen  Anda. Anda harus mengidentifikasi berapa banyak konsumen Anda siap untuk membayar, berapa banyak mark-up yang Anda butuhkan untuk memenuhi biaya overhead, marginkeuntungan Anda dan metode pembayaran, dan biaya lainnya. 

C.     Promotion (Promosi)
Ini adalah kegiatan yang Anda gunakan untuk membuat pelanggan Anda menyadari produk dan jasa Anda, termasuk iklan, taktik penjualan, promosi dan pemasaran langsung. Umumnya ini disebut sebagai
taktik pemasaran.

D.    Place (Tempat
Letak di mana produk dan jasa Anda terlihat, dibuat, dijual atau didistribusikan. Akses bagi konsumen untuk produk Anda adalah kunci dan penting untuk memastikan bahwa para konsumen dapat menemukan Anda. tempat
merupakan bagian penting dari pemasaran Anda. 

E.     People (Orang)
Orang yang dimaksud ini ialah kepada
para staf dan tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk Anda. KetikaAnda memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Pada gilirannya, pelanggan yang sudah ada dapat menyebarkan berita tentang layanan yang sangat baik dan mengantarkan anda menuju arah kemenangan. 

Bauran pemasaran 7P


Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur yang menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.


A.    Product (The Services)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Para konsumen membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Maksud dari ditawarkan ialah menunjukkan manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.

B.     Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Hal ini memerlukan pertimbangan penuh karena penetapan harga bisa mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.

C.    Place
Ada plus minus bila perusahaan di tempat atau lokasi yang strategis, keuntungan yaitu mudah terjangkau oleh konsumen, namun minusnya ialah biasanya tempat yang strategis menjadikan biaya sewa atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tidak hanya tempat strategis yang menjadi penarik konsumen tapi dekorasi dan desain juga sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Dan kondisi bangunan menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran tersebut menjadi sangat penting untuk menentukan tempat atau lokasi pemasaran.

D.    Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas pengkomunikasian informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain:
Ø  Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
Ø  Mengkomunikasikan produk baru
Ø  Meningkatkan jumlah konsumen
Ø  Menginformasikan peningkatan kualitas produk kepada konsumen.
Ø  Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
Ø  Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.

E.     People
People ialah aset utama yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Attitude sangatlah penting dan harus diterapkan diperusahaan,  seperti penampilan karyawan, nada dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan.

F.     Process
Process, proses penyampaian layanan jasa kepada konsumen sangat memepengaruhi mutu layanan jasa, mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

G.    Physical Evidence / building
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter. Bagian interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang dapat mempengaruhi mood pengunjung. Konsep dari bangunan harus bisa menciptakan suasana yang bisa memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan penilaian yang baik bagi para pengunjung,


Referensi :
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ diakses 08-11-2018 pukul 20:00 WIB
pukul 20:15 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM PRODUKSI DARI PT. YAKULT INDONESIA PERSADA

TENTANG JOINT VENTURE DAN WARALABA (FRANCHISE)