MARKETING MIX / BAURAN PEMASARAN 5P DAN 7P
Marketing mix atau yang dalam bahasa
Indonesia disebut bauran pemasaran
adalah suatu strategi penjualan, promosi
serta penentuan harga yang bersifat unik dan dirancang untuk menghasilkan pertukaran
yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.
pengertian
bauran pemasaran atau marketing mix menurut para ahli.
·
Menurut Buchari Alma, Marketing mix adalah strategi mencampur
kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga
mendatangkan hasil yang paling memuaskan (2007:130)
·
Menurut Zeithaml dan Bitner Marketing
mix adalah elemen-elemen organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh
perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan tamu dan untuk memuaskan tamu
(2008:48).
·
Marketing mix is good marketing
tool is a set of products, pricing, promotion, distribution, combined to
produce the desired response of the target market – Bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik yang
meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk
menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran (Kotler dan Amstrong,
2012:92)
Dalam bauran pemasaran dibagi 2 konsep, yaitu :
1.
Bauran pemasaran 5P
2.
Bauran pemasaran 7P
BAURAN PEMASARAN 5P
Bauran pemasaran 5P adalah seperangkat taktik pemasaran yang
diakui, yang dapat Anda gunakan dalam setiap kombinasi untuk memuaskan
pelanggan di pasar sasaran Anda. 5P dapat diawasi dan diatur,
tetapi dengan lingkunganpemasaran internal dan eksternal Anda.
A. Product (Produk)
Produk mengarah pada apa yang Anda jual, termasuk semua fitur, keuntungan dan manfaat yang konsumen anda dapat menikmati dari membeli barang atau jasa. Pada saat pemasaran produk Anda, Anda harus berpikirtentang fitur utama dan manfaat pelanggan Anda inginkan atau butuhkan, termasuk (namun tidak terbatas pada) styling, kualitas, perbaikan, dan aksesoris.
Produk mengarah pada apa yang Anda jual, termasuk semua fitur, keuntungan dan manfaat yang konsumen anda dapat menikmati dari membeli barang atau jasa. Pada saat pemasaran produk Anda, Anda harus berpikirtentang fitur utama dan manfaat pelanggan Anda inginkan atau butuhkan, termasuk (namun tidak terbatas pada) styling, kualitas, perbaikan, dan aksesoris.
B. Price (Harga )
Strategi dalam menentukan harga untuk produk dan jasa Anda dapat mempengaruhi konsumen Anda. Anda harus mengidentifikasi berapa
banyak konsumen Anda siap untuk membayar, berapa banyak mark-up yang
Anda butuhkan untuk memenuhi biaya overhead, marginkeuntungan Anda dan metode
pembayaran, dan biaya lainnya.
C.
Promotion (Promosi)
Ini adalah kegiatan yang Anda gunakan untuk membuat pelanggan Anda menyadari produk dan jasa Anda, termasuk iklan, taktik penjualan, promosi dan pemasaran langsung. Umumnya ini disebut sebagai taktik pemasaran.
Ini adalah kegiatan yang Anda gunakan untuk membuat pelanggan Anda menyadari produk dan jasa Anda, termasuk iklan, taktik penjualan, promosi dan pemasaran langsung. Umumnya ini disebut sebagai taktik pemasaran.
D.
Place (Tempat)
Letak di mana produk dan jasa Anda terlihat, dibuat, dijual atau didistribusikan. Akses bagi konsumen untuk produk Anda adalah kunci dan penting untuk memastikan bahwa para konsumen dapat menemukan Anda. tempat merupakan bagian penting dari pemasaran Anda.
Letak di mana produk dan jasa Anda terlihat, dibuat, dijual atau didistribusikan. Akses bagi konsumen untuk produk Anda adalah kunci dan penting untuk memastikan bahwa para konsumen dapat menemukan Anda. tempat merupakan bagian penting dari pemasaran Anda.
E. People (Orang)
Orang yang dimaksud ini ialah kepada para staf dan tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk Anda. KetikaAnda memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Pada gilirannya, pelanggan yang sudah ada dapat menyebarkan berita tentang layanan yang sangat baik dan mengantarkan anda menuju arah kemenangan.
Orang yang dimaksud ini ialah kepada para staf dan tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk Anda. KetikaAnda memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Pada gilirannya, pelanggan yang sudah ada dapat menyebarkan berita tentang layanan yang sangat baik dan mengantarkan anda menuju arah kemenangan.
Bauran pemasaran 7P
Dalam
komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam
bauran komunikasi pemasaran terpadu, Dalam marketing mix perusahaan jasa
khususnya, ada unsur-unsur yang menjadi dasar pertimbangan dalam pengambilan
keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P :
product,
price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.
A.
Product (The Services)
Produk jasa merupakan produk yang
dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan
konsumen. Para konsumen membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Maksud
dari ditawarkan ialah menunjukkan manfaat yang didapat oleh konsumen, baik
barang atau jasa maupun kombinasinya.
B.
Price
Penetapan harga merupakan suatu hal
penting. Hal ini memerlukan pertimbangan penuh karena penetapan harga bisa mempengaruhi
pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan diputuskan
sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta
persaingan.
C.
Place
Ada plus minus bila perusahaan di tempat atau lokasi yang strategis,
keuntungan yaitu mudah terjangkau oleh konsumen, namun minusnya ialah biasanya tempat yang strategis menjadikan biaya sewa
atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tidak hanya tempat strategis yang
menjadi penarik konsumen tapi dekorasi dan desain juga sering menjadi daya
tarik tersendiri bagi para target konsumen. Dan kondisi bangunan menjadi
persyaratan yang memberikan kenyamanan. Survey dan data-data yang efektif mengenai
area pemasaran tersebut menjadi sangat penting untuk menentukan tempat atau
lokasi pemasaran.
D.
Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas pengkomunikasian
informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh
penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat
mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain:
Ø
Mengidentifikasi dan menarik
konsumen baru
Ø
Mengkomunikasikan produk baru
Ø
Meningkatkan jumlah konsumen
Ø
Menginformasikan peningkatan
kualitas produk kepada konsumen.
Ø
Mengajak konsumen untuk mendatangi
tempat penjualan produk
Ø
Memotivasi konsumen agar memilih
atau membeli suatu produk.
E.
People
People ialah aset utama yang
merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap
karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan
knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal
perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people
adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Attitude
sangatlah penting dan harus diterapkan diperusahaan, seperti penampilan karyawan, nada dalam
bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi
karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan.
F.
Process
Process, proses penyampaian layanan
jasa kepada konsumen sangat memepengaruhi mutu layanan jasa, mengingat bahwa
penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu
layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan
sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang
berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.
G.
Physical Evidence / building
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang
bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan jasa yang memiliki karakter.
Bagian interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata
ruang yang lapang dapat mempengaruhi mood pengunjung. Konsep dari bangunan
harus bisa menciptakan suasana yang bisa memberikan pengalaman kepada
pengunjung dan dapat memberikan penilaian yang baik bagi para pengunjung,
Referensi
:
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ diakses
08-11-2018 pukul 20:00 WIB
http://www.danisetiawanku.com/2011/01/7-p-dalam-bauran-pemasaran.html diakses
08-11-2018
pukul 20:15 WIB
https://besswonomulyo.blogspot.com/2014/10/penerapan-5p-dalam-pemasaran.html diakses 08-11-2018 pukul 20:30 WIB
https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2016/02/pengertian-marketing-mix-4p-dan-7p.html
diakses 08-11-2018 pukul 20:50 WIB
Komentar
Posting Komentar